Wednesday, March 9, 2016

Cara Download Kontur dari Google Earth

Seperti diketahui, Google Earth menggunakan data elevasi dari USGS untuk memvisualisasikan beda tinggi yang ada di permukaan bumi. Data elevasi tersebut bisa di download langsung dari situs USGS.


Namun dalam video tutorial GIS di bawah ini, Anda akan ditunjukkan cara download kontur dari Google Earth sesuai dengan area yang Anda butuhkan saja. Jadi dalam tahapannya, Anda membuat path di Google Earth sesuai area yang yang dibutuhkan, kemudian dengan menggunakan dua software gratis, path tersebut akan dikonversi menjadi garis kontur.
Dua software gratis tersebut adalah TCX Converter dan Quick Grid. Jadi sebenarnya Anda tidak mendownload langsung data kontur dari Google Earth, namun software TCX Converter yang melakukan pekerjaan tersebut. Hasil dari TCX Converter berupa file csv yang memuat easting, northing dan elevasi dari path yang sebelumnya sudah di buat di Google Earth.
File csv hasil dari TCX Converter ini kemudian di modifikasi sedikit dan kemudian file hasil editing tersebut di buka di software Quick Grid untuk menghasilkan data kontur dalam bentuk garis. Software Quick Grid hanyalah pilihan, Anda bisa menggunakan software berbayar lain seperti Global Mapper atau ArcGIS untuk generate data kontur.
Berikut video lengkap cara download kontur dari Google Earth.
Download :
1. TCX Converter  [ KLIK DISINI ]
2. Quick Grid [ KLIK DISINI ]

[ Sumber : http://www.geotekno.com ]

No comments:

Post a Comment

Dapatkan soft-disain rumah tempat tinggal di halaman [KLIK DISINI]

Dezeen Magazine

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...