Friday, September 18, 2015

Beton ajaib "Topmix Permeable"

Sebuah video sepekan terakhir ramai dibahas di jejaring sosial Facebook. Terlihat sebuah truk menumpahkan 4 ribu liter air ke lapangan parkir berbahan beton di utara Inggris. Ajaib, bukannya membasahi aspal lalu meluber ke mana-mana, air justru diserap oleh beton. Dalam satu menit saja, semua air yang tumpah menghilang. Bagaimana bisa? 

Lihat tayangan video berikut :



Rupanya itu adalah keampuhan beton ramah air (permeable) jenis topmix. Tidak seperti beton biasa yang kedap air, jenis satu ini justru sangat mudah menyerap cairan apapun. Beton permeable memiliki daya serap 600 liter per menit per meter persegi. Semua air itu langsung mengalir ke tanah, menjaga siklus daur air berlangsung normal.

Rekaman itu rupanya bahan promosi perusahaan Lafarge Tarmac, produsen beton dari Kota Birmingham, Inggris. Sang produsen sejak awal mengharapkan beton buatan mereka bisa mengatasi problem banjir di beberapa kota di Negeri Ratu Elizabeth. Lafarge menyatakan banjir besar yang pernah dialami Inggris pada 2007, pemicunya karena beton, aspal, dan bangunan berbahan semen tidak bisa menyerap air. Alhasil daya tampung selokan jebol.

Walau terkesan canggih, beton permeable sebetulnya bukan teknologi baru. Sejak 1800-an, mayoritas ibu kota di Eropa sudah menggunakan bahan ini. Tapi perkembangan penggunaan paling masif memang di Inggris dan Skotlandia. 

Download :
  1. TOPMIX PERMEABLE BROCHURE
  2. TOPMIX PERMEABLE SUMMARY OF BENEFITS
  3. READYMIX SAFETY DATA SHEET
  4. PERMEABLE CONCRETE SOLUTION GUIDE
  5. TOPMIX PERMEABLE DATASHEET

[ Sumber : http://www.tarmac.com ]

No comments:

Post a Comment

Dapatkan soft-disain rumah tempat tinggal di halaman [KLIK DISINI]

Dezeen Magazine

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...