Monday, August 20, 2012

AR-media Plugin for Google SketchUp



Teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR merupakan hal yang telah umum saat ini, baik di bidang informasi, branding, modelling, edukasi, dan sosial media.

Prinsip kerjanya adalah, dengan mengarahkan gambar atau foto (tracking) ke arah kamera, gambar, atau foto dua dimensi (2D) tersebut dapat berubah menjadi gambar tiga dimensi (3D) atau video. Tracking tidak selalu harus gambar atau foto 2D, kini kita dapat melakukan tracking pada wajah manusia, maupun obyek real lainnya.

Teknologi AR dapat diaplikasikan dalam sosial media. Dengan mengaplikasikan teknologi AR pada sosial media, maka fitur-fitur dalam sosial media dapat diakses dengan lebih interaktif dan memiliki nilai tambah hiburan dan informasi, sebagai nilai tambah dari kekuatan real-time. Terlebih lagi sosial media saat ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop saja, tapi juga dapat diakses melalui telepon genggam maupun perangkat mobile.



Salah satu kelebihannya jika kita menggunakan perangkat mobile untuk mengakses sosial media berbasis AR adalah interaktivitasnya. Kita dapat menemukan posisi di mana teman kita berada dengan menggunakan sistem located based Global Positioning System (GPS) yang terintegrasi dengan kamera, dan dapat sekaligus mendapatkan informasi pribadi mengenai teman kita.

Bahkan jika diperlukan dapat juga melakukan video-call secara langsung melalui satu layar kamera. Dengan ini, kita tidak hanya mendapatkan informasi berbentuk tulisan, namun juga dalam bentuk gambar, lagu, video, lokasi, dan semuanya dilakukan secara real-time melalui hanya sebuah aplikasi!

Bayangkan betapa kaya interaksi yang dapat dilakukan di dalam aplikasi sosial media dan AR ini.

Selain itu, fitur dalam sosial media yang dapat diaplikasikan menggunakan teknologi AR adalah video conference dan games. Dalam video conference, pengguna cukup mengarahkan wajah pada kamera atau webcam, lalu pada layar akan muncul avatar dengan wajah kita.

Fitur avatar seperti jenis dan warna pakaian pun dapat diubah sendiri oleh pengguna sehingga ada nilai tambah dari sekedar berbicara melalui video conference tersebut. Anda dapat mengubah rambut, pakaian yang dikenakan, maupun aksesoris yang digunakan, melalui video conference. (kompas.com)



Silahkan download tutorial Ar Media berikut :
More information and download plugin untuk sketchUp [click here] or [click here]

Nah.., silahkan coba lihat model "Masjid-Shelter Tsunami" berikut dengan mempergunakan AR Media : 
Model Disain Rumah lainnya (seperti gambar dibawah ini) dalam file Google SketchUp, dapat di-download dan dilihat melalui Ar Media "klik image dibawah ini" atau dihalaman [klik disini]


    No comments:

    Post a Comment

    Dapatkan soft-disain rumah tempat tinggal di halaman [KLIK DISINI]

    Dezeen Magazine

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...